Kamis, 29 Desember 2011

Gethuk Kethek

Kota Salatiga....
Kota yang menawarkan berbagai kuliner dan oleh oleh yang tentu tidak kalah dengan kota lain di Indonesia. Salah satu oleh-oleh yang khas dan cukup populer adalah gethuk kethek, Mungkin awal mendengar anda akan tergelitik untuk melihat bahkan mencicipi seperti apa gethuk kethek. Apakah gethuk yang terbuat dari kethek (monyet) atau gethuk yang dibuat oleh kethek?

Gethuk Kethek adalah makanan tradisional yang dibuat dari singkong yang dihaluskan. Sebenarnya sama dengan gethuk-getuk lainnya, namun nama kethek diambil karena di depan rumah penghasil gethuk tersebut dipelihara seekor kethek. Jadi gethuk kethek hanya sebuah sebutan agar terdengar khas dan membuat orang penasaran.

Makanan ini terbuat dari singkong yang ditumbuk sangat halus dan tanpa ada serat sehingga membuat gethuk terasa lumer saat masuk mulut. Perpaduan rasa gurih dari kelapa dan rasa manis dari gula alami ini juga sangat pas, membuat nada tidak akan berhenti mencicipi gethuk ini.

Walaupun kelapanya dicampur bersama dengan singkong namun serat kelapanya tidak terasa saat dimakan sehingga membuat rasa gethuk kethek semakin lembut dan nendang. Bahkan anda tidak perlu mengunyahnya, hanya dengan mengulum dengan mulut saja maka gethuk kethek akan lumer.

Untuk mendapatkannya anda hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000 per kotak yang berisi 20 gethuk kethek. Murah bukan? ^^

Kelemahannya Gethuk ketek hanya bertahan 6 jam saat diletakkan di udara bebas namun bisa lebih lama kalau disimpan di kulkas. Ini menandakan bahwa gethuk kethek tidak menggunakan bahan pengawet dalam pembuatannya. Sehingga proses pembuatan hanya dilakukan pada pagi dan sore hari, untuk itu bagi anda yang ingin membeli lebih baik pada waktu pembuatannya. Selain itu anda juga harus memesannya terlebih dahulu karena gethuk kethek sangat laris, jadi jangan sampai kehabisan ya...

gethuk kethek yang lembut


lokasi pembuatan gethuk kethek


2 komentar: