Kamis, 12 Juli 2012

Permainan Rakyat Bagi Anak


Di dalam permainan rakyat selalu ada nilai yang terkandung di dalamnya. 


Permainan rakyat mengajarkan kepada anak agar mengerti bagaimana cara bersosialisasi, bagaimana ia menggunakan otak kanan dan kirinya, dan juga bagaimana ia harus bersikap kepada Tuhan. 
( Jaringan Anak Indonesia)



Membaca status dari jaringan anak indonesia membuat pikiran saya kembali ke dalam dimensi satu tahun yang lalu, dimana saya berusaha membuat suasana belajar mengajar kepada anak-anak itu menjadi menyenangkan. Bagi anak-anak , belajar terlalu lama itu akan membosankan jika tidak dibalut dengan sesuatu yang unik dan menarik. 

Alhamdulillah, 2 minggu yang lalu saya bisa meluangkan waktu untuk menengok mereka. Timbunan rindu yang sudah menjulang tinggi ini meluruh ketika bertemu mereka. malam itu saya diajak bermain congklak (dalam bahasa jawa : dakon). Menurut saya, bermain congklak itu tidak hanya menyenangkan namun juga bisa melatih mereka berpikir bagaimana membagi biji congklak secara adil ke dalam masing-masing lubang. kesempatan ini tidak saya sia-sia kan begitu saja, lewat permainan sederhana ini , saya juga mengajarkan mereka untuk berhitung dari setiap biji yang dimainkan. Permainan ini juga dapat melatih kejujuran bagi anak, mengapa? karena pemain congklak ini dinyatakan sebagai juara jika jumlah biji yang dimilliki semakin banyak. jadi siapapun bisa berpotensi untuk bermain curang jika lawannya tidak memperhatikan. dari satu permainan ini saja sudah mengajarkan banyak hal, saya yakin masih banyak permainan rakyat yang bisa mengajarkan lebih.

beberapa jenis permainan rakyat

congklak


bola bekel
engklek


Perlu diingat bahwa anak-anak menyukai sesuatu yang sederhana dan menyenangkan. Tidak harus mahal dan modern. terbukti melalui permainan rakyat yang dianggap konvensional bagi banyak orang ternyata justru memberikan pembelajaran yang nyata.

Mari perkenalkan budaya pada anak dan buat mereka bangga atas budaya mereka sendiri.
:))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar