Kamis, 23 September 2010

selamat jalan sahabat...


Seperti biasa, malam hari adalah waktu saya dan adik saya berkumpul dan melepas kerinduan :p karena saya memang jarang dirumah( hahaha bukan berarti saya kabur atau kelayapan lho...aktivitas positif kok yang saya lakukan diluar sana:p)
Tiba-tiba hari ini adik datang ke kamar saya dan dengan wajah lucunya dia bercerita kepada saya(maklum bangun tidur...mukanya yang putih dan gembul yang membuatnya lucu)...dia bercerita tentang kunjungan ke makam sahabatnya kemudian berlanjut ke cerita kenangannya...
Ini sedikit potongan kisahnya..

Emm .. Hari ini saya mau bercerita tentang sahabat terbaik ku yg pernah aku kenal . Dia seorang gadis cantik , baik , rajin sholat , patuh kepada orang tua dan engga pernah membuat orang lain merasa bosan ataupun jenuh bermain dan berkawan dengannya . Nur Laily namanya , berasal dari keluarga yg sederhana dan penuh dengan keharmonisan . Saya mengenal dia saat kita duduk di bangku kelas VII saat SMP .
Dia begitu cantik , baik . dia pun enak di ajak berteman , bercerita atau yg lainnya . Hari-hari ku lewati dengannya , sampai-sampai kita pun di juluki “ KEMBAR SIAM “ .. Mungkin karena kita mempunyai kemiripan nama , hanya berbeda berapa huruf . Ke kantin , ke kamar mandi , piket , ke masjid , dan kemana-mana kita selalu bersama .. Suatu saat dia bercerita dengan saya , dia akan pergi jauh meninggalkan kota Semarang . Karena alasan yg dia tdk ceritakannya pada saya .. Dan saya pun hanya menanggapinya dengan bergurau .
Saat kenaikan kelas , kita terpisah . Saya VIII-G , dia VIII-F , namun kelas kami tetap bersebelahan dan tidak jauh-jauh . Istirahat , pulang , kami tetap bersama-sama . Dia yg mengajarkan ku tentang arti “ PERSAHABATAN “ , tentang arti “ KEKELUARGAAN “ , dan pentingnya “ KEBERSAMAAN dan MENGHARGAI SESEORANG “ . Kelas VIII kita akan piknik ke Jakarta , namun kita tidak 1bus , karena nomor urut kita dan kelas kita pun berbeda . Tapi dalam perjalanan kita tetap smsan dan saling komunikasi .
Saat liburan tiba , Saya bermain dengannya . Dari hari Jum’at , Sabtu , Minggu , dan seterusnya . Malam itu Hari Selasa , saya bermain bersamanya , dari pukul 11.00 – 14.00 . Kita berjalan-jalan mencari penjual makanan ringan dan minuman . Setelah selesai makan dan minum sayapun segera pulang karena sudah hampir sore . Engga biasanya saat saya akan pulang dia mengucapkan kata-kata yg maksutnya dia ingin pergi jauh dari saya . Dia berkata : “ la , kamu nge add fs ( FRIENDSTER) , soalnya aku mau nulis kata-kata buat kamu besok kalo uda kelas XI ” . Saya hanya merespon , iya ..
Hari kamis siang saya bermain lagi dengannya dan pulang pukul 14.00 , sama seperti Hari Selasa , saat saya pulang dia berpamitan dengan berkata “ SEMOGA KITA AKAN BERTEMU LAGI dan TETAP MENJADI SAHABAT SELAMANYA “ dengan tersenyum dia berkata seperti itu kepada ku . Saat di ujung jalan belokan , dia memanggil namaku dan mengatakan BYE , AKU SELALU DI SAMPING MU . Dijalan saya hanya berpikir kenapa dia berkata seperti itu , tanpa ada firasat yg aneh .
Hari Jum’at datang . Pagi yg cerah dan keluarga saya pun saat itu sedang berkumpul melihat televisi . Tepat pukul 07.00 , handphone berbunyi . Teman dekat saya menelpon dengan sapaan pertama adalah “ SABAR YA , IKHLAS KAN DIA “ . Saya tak mengerti apa yg dia maksut , dan dia mengatakan bahwa “ LAILY MENINGGAL DUNIA ” . Rasa tak percaya pun saya rasakan , karena baru saja kemarin saya bertemu , tertawa , bermain dan tertutup dengan rasa duka .

Saya pun datang kerumahnya , disana saya hanya melihat kerumunan orang datang dengan berpakaian HITAM , lambang dari sebuah KEMATIAN . Dengan segera saya masuk dan membuktikan ketidak percayaan ku . Ternyata benar .. Dia terbungkus kain kafan putih bersih , harum baunya , tertutup matanya , dan terhenti nafasnya . Badannya pun sudah mulai agak mengaku . Dengan rasa yg begitu duka yg saya rasakan , disana , saya hanya menangis sekeras-kerasnya karena belum ikhlas saya melepas kannya . Dalam hati hanya tertegun membayangkan dahulu saat dia berkat bahwa dia akan pergi jauh , dan sekarang saya tau apa arti perkataannya .
Semakin keras aku menangis , semakin hilang senyum yg dia beri untukku . Akhirnya saya terhenti dalam tangis ku . Aku mengiringi kepergiannya hingga tempat peristirahatannya yg terakhir . Dan sekarang yg saya rasakan hanyalah kerinduan persahabatannya , kerinduan senyumnya , kebaikannya , keramahannya , dan kelucuannya . Sahabat ku , tenanglah kamu disana , doaku akan terus menyertaimu hingga masuknya kamu kedalam tempat terindah di sisi Tuhan .

Saya hanya bisa berdoa , agar dia masuk dalam golongan orang-orang yg beriman dan di tempatkan pada sisi terindah di hadapan Tuhan , selalu tenang di alam sana , dan saya berjanji akan selalu mendoakan dan akan datang kemakam setiap bulannya . Untuk mengirim doa , dan taburan bunga yg mengindahkan tempat peristirahatannya yg terakhir.

Saya jadi ingat sesuatu ketika saya mengunjungi makamnya. Pernah suatu hari dia hadir dalam mimpi saya. Dia berkata, “ lel, ketika kamu datang ke makam ku tolong bawakan saya sebotol air dan siramkan ke makamku di bagian kepala,” pesannya kepada saya.
Saya jawab, “ iyah emang kenapa ?”
Dia bilang, “ saya merasa kepanasan di dalam..jangan lupa taburkan juga bunga yang masih utuh,jangan dipetikin ya...”
Saya meniyakan lagi..kemudian dia pergi...
Lagi-lagi saya bermimpi tentang laily..dalam mimpi saya bertemu dengan ayah ibunya yang tidak pernah hadir mengunjungi makamnya...
Ooo ya teman, kalian tau...di makam laily di bagian kepala itu agak cekung tanahnya. Saya juga tidak tahu..padahal sudah dikapling juga..ehhh masih saja cekung. Dan kata penjaganya disana, tidak pernah ada sanak saudara yang mengunjunginya...teman, saya sangat sedih sekali..rasanya saya ingin selalu mengunjunginya...tapi saya selalu berusaha setiap bulan mengunjungi makam dan mendoakannya karena dia sahabat terbaikku dan kami menangis tertawa bersama. Nah di mimpi itu saya bercerita kepada orangtuanya bahwa layli sudah meninggal..orangtuanya pun menangis dan dengan bergegas mereka datang ke makam Layli dan kalian tahuu????tiba-tiba gundukan tanah yang cekung itu naik dan sejajar dengan bagian lain..Subhanallah...tapi Allahualam juga sebenarnya pa yang terjadi tetapi yang pasti semoga Layli tenang disana dan surga menjadi tempat terbaiknya karena saya tahu dia ank yang baik serta penuh ksih sayang.

 Terimakasih Sahabat ku , kau bisa membuat ku tersenyum bahagia saat kau ada di dunia ini bersama ku . Kenangan kita tak akan pernah hilang selamanya dan akan tetap kekal abadi dalam hidup ku .
Kamu adalah sahabat terbaik yang pernah saya temukan , sikap mu , sifat mu akan saya jadikan panutan ku . I Love you My Best Friend , I never forget to you
*dedicated for Laily...semoga kau tenang disana♥

Saya agak terharu mendengar cerita adik saya, tetapi sebisa mungkin saya menahan agar airmataku agar tidak ikut jatuh karena saya tidak ingin adik saya semakin sedih..sabar ya dek, suatu saat Allah akan mengganti dengan sahabat yang lebih baik untukmu...aminnn..
Lup U sisthaa.... ♥

Tidak ada komentar:

Posting Komentar