Sabtu, 21 Mei 2011

musisi jalan

Siapa yang mau berguru datang padaku
Sebut tiga kali namaku
Bento, Bento, Bento
Asyik…!

itulah sepenggal lirik lagu yang sering dinyanyikan para musisi jalanan. Hari ini saya senang, bukan karena ditraktir makan, bukan pula mendapat hadiah tapi hari ini saya melihat lomba para pengamen jalanan di salah satu kota di Jawa tengah. ini pertama kali saya melihat para musisi jalanan mendendangkan lagu ciptaan mereka sendiri. kalau boleh pinjam jempol orang-orang, saya akan lakukan untuk memberi apresiasi kepada mereka. 
bukan lagu cinta melulu
bukan lagu yang mendayu dayu 
buka pula lagu untuk merayu
mereka mendendangkan lagu politik, lagu tentang penindasan para pejabat kepada rakyatnya, lagu tentang ketidakadilan terhadap nasib rakyat kecil seperti mereka.
mereka memang tidak mengenyam pendidikan tinggi namun mereka mengerti atas ketidakadilan pemerintah terhadap nasib rakyat miskin yang selalu disisikan. lagu mereka seakan akan memberontak meneriakkan nasib mereka selama ini.
ada satu lagu yang agak menyentil bagi saya, lagu tentang mahasiswa yang notabene adalah seorang sarjana yang tidak hanya membanggakan toga mereka namun bisa membanggakan negara dengan menjadi pemimpin yang adil di bumi pertiwi ini.
semoga denganlagu mereka yang menggelitik bisa mengobarkan semangat rakyat untuk menegakkan keadilan di tanah air kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar